Saturday, June 1, 2013

Kedudukan Hewan Dalam Islam

Hewan adalah salah satu ciptaan allah swt di bumi ini, banyak sekali spesies-spesies hewan yang berada di bumi ini baik itu di udara, darat, mapun laut. Lalu bagaimana kah kedudukan hewan dalam islam? apakah seperti manusia? mari kita membahasnya dengan sederhana.
Di dalam surat An-Nuur ayat 45 berfirman "Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” Dalam ayat tadi memberi penjelasan kepada kita bahwa allah menciptakan semua jenis hewan dari air kemudian hewan itu bermetamorfosis sesuai yang dikehendaki allah.
Di dalam surat Lukman ayat 10 berfirman "Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik." Dalam ayat tadi memberi penjelasan kepada kita bahwa seharusnya kita bersyukur atas nikmat-nikmat yang alllah berikan kepada kita.
Jika kita ingin memakan daging hewan, makan lah daging hewan yang diperbolehkan allah lewat cara penyembelihan yang benar juga sesuai dengan hadist Rasulullah “Sesungguhnya Allah telah menetapkan ihsan (kebaikan) atas segala sesuatu, maka jika kalian membunuh, maka perbaguslah dalam membunuhnya, dan jika menyembelih, maka perbaguslah sembelihannya, dan hendaklah kalian menajamkan pisaunya dan menenangkan sesembelihannya”. (HR. Muslim).

1 comment:

baltasarmac said...

Caesars Palace - Las Vegas, NV - MapYRO
광주광역 출장샵 caesars-palace-las-vegas 순천 출장마사지 › caesars-palace-las-vegas Find out more about Caesars Palace, including 서산 출장안마 restaurants, nightlife, reviews 밀양 출장마사지 and more. Rating: 4 3,947 reviews Price range: $ (Based 용인 출장샵 on Average Nightly Rates for a Standard Room from our Partners)

@raditmr