Tuesday, August 13, 2013

Puasa Enam Hari Syawal

Puasa enam hari pasca Ramadhan (di bulan Syawal) hukumnya adalah sunnah, berdasarkan sabda Rasulullah SAW. "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dan disusulkan dengan enam hari dari syawal maka seolah-olah ia berpuasa selama setahun." (HR. Muslim)
Fadilah (keutamaan) puasa enam hari syawal sangat luar biasa. bayangkan saja jika kita bisa melaksanakan puasa enam hari di bulan syawal sama saja berpuasa setahun penuh alias 365 hari sesuai dengan hadist nabi diatas, tentu ini adalah ladang pahala juga untuk kita setelah ramadhan berlalu.
Waktu puasa syawal tidak harus pada hari senin dan kamis di bulan syawal tapi juga bisa dilaksanakan di hari-hari selain itu yang penting hari-hari itu pada bulan syawal. Lantas bagaimana jika kita masih punya hutang puasa di bulan ramadhan? kalau seumpama kita punya utang puasa ramadhan, lalu kita bisa selesaikan di bulan syawal bersamaan dengan puasa enam hari syawal, maka tentu hal itu yang terbaik. Jadi lepas syawal dua-duanya kelar alias tuntas alias beres. Tapi kalu misalnya syawal-nya sudah mepet sementara du-duanya belum dikerjakan, maka dahulukan pelaksanaan puasa enam hari syawal, oleh karena waktunya terbatas hanya di bulan itu. sedangkan puasa qadha, bisa saja dilakukan kapan saja hingga ramadhan berikutnya. Wallahu A'lam!!

No comments:

@raditmr